hidupkan kembali hobi agar hidup tidak terlalu jenuh

Hi. . Teman semua
Assalamualaikum

 foto : Pinterest

     Ketemu dengan saya kembali Izzah di House of Izzah Rondiyah, Senang sekali rasanya bisa menyapa kalian kembali, bagaimana hari ini ?, apakah berjalan seperti yang anda rencanakan? Atau ada hal yang terjadi diluar rencana kalian, emmm misal ban bocor atau tiba-tiba eh si mantan like postingan Instagram mungkin hehe, Hidup ini bisa kita analogikan seperti sebuah bawang merah dimana setiap lapisnya menyimpan sebuah rahasia, Untuk kali ini izzah akan mengupas tentang Hobi.. apakah kalian memiliki hobi ? lalu apakah hobi itu hanya akan menjadi sebuah hobi atau menjadi Passion kalian ? pelan-pelan yah Izzah akan sharing tentang Hobi yang di sinyalir bisa menjadi Passion.

       Hi, saya Izzah  rondiyah, saat ini saya 22 tahun dan hobi saya Menyanyi, Mendengarkan music, Internetan ( selancar didunia maya), Photography, Membaca, Berbicara dan Menulis. Wah saya memilki banyak hobi ternyata hahaha. Travelling juga termasuk, iya meski lewat Buku atau secara langsung. Hobi adalah kegiatan yang kita lakukan didasari oleh rasa suka, sedangkan Passion adalah pekerjaan atau bekerja  keras pada hal yang disukai, gambarannya adalah bekerja tanpa rasa beban atau tertekan dalam melakukannya, emmm mungkin tiduran juga bisa termasuk hehehe, oh iya kalian pernah mendengar “ Pekerjaan yang paling asyik adalah Hobi yang dibayar “ dan pekerjaan itu berarti adalah Passion kalian. Tertarik untuk mencoba ? contohnya saja;  saya suka menyanyi lantas apakah saya bisa menjadi Penyanyi, saya suka menulis apakah saya harus menjadi penulis, saya suka membaca apakah saya harus menjadi pembaca ? kalian punya hobi menggambar apakah harus menjadi Creator  webtoon atau cartoon mungkin ? hehe



     Guys kalian kelahiran 90an seperti saya, jika ia selamat anda berada di era transisi antara era Tradisional dan Modern. Seperti ini conothnya, Masih banyak kalangan orang tua yang menganggap yang namanya bekerja itu ya menjadi PNS pegawai , Guru, Dokter , Perawat, atau apapun itu yang secara normal dianggap sebagai pekerjaan. Lalu yang namanya menjadi Penulis, Pelukis, Photograper, Penyanyi masih dianggap kurang Greget. Namun ini kembali ke Pola keluarga yang kalian miliki. Beruntunglah jika memiliki keluarga yang open minded, yang mendukung hobi kalian namun juga tetap bersyukur jika memiliki keluarga yang masih mengarahkan kalian ke bidang yang sebenarnya tidak kalian sukai, karena berada pada jalur yang di pilihkan orang tua adalah jalur yang terbaik. Jika kalian bisa melihatnya dalam sisi positive. Hehehe namun pada dasarnya dari semua itu ( pekerjaan) memilki masa trial masing-masing.

     Nah masuk ke hobi izzah, saat ini saya sedang rajin Ngeblog, Menulis Apapun tergantung mood karena House of Izzah rondiyah adalah Personal dan Life Style, jadi ini membuat izzah lebih fleksibel dalam menentukan tema, hanya kedepan seperti tag linenya. Izzah akan menggunakan Web ini sebagai rumah dimana kalian bisa menemukan motivasi, harapan dan juga cinta. Eaaa saya ingin berbagi dalam bentuk yang berbeda saja makanya saya memilih menulis sebagai hobi yang saya sinyalir bisa menjadi Passion saya. Begitupun dengan Menyanyi dan Berbicara. Hanya saja semua membutuhkan masa, “ Thing Take Time”. Lalu apa apa yang harus disiapkan untuk menjadikan hobi sebagai pekerjaan, ya pekerjaan yang dibayar maksudnya hehe

1.  Kenali kelebihan kalian, as soon as Possible. Ah tapi aku bingung aku aja enggak tahu kelebihan aku dimana ? ah aku enggak bisa apa-apa? Nah sering banget nih izzah dengar yang begituan terutama dari temen-temen izzah, Pada dasarnya Allah menciptakan manusia itu pasti dengan kelebihan. Namun kelebihan itu pasti berbeda-beda. Ada yang langsung terlihat ( dunia panggung) ex; Menyanyi, Menari, Berbicara dll atau  ada kelebihan yang bukan pada dunia panggung ex; menganalisa, Meneliti dll Jadi kenali diri kalian dimana letak kelebihan kalian karena kelebihan ini kebayakan berjalan selaras dengan hobi lho.
Santai  yah ini bukan tentang kelebihan berat badan kok hehe

 2. Start Doing, Let’s Begin. Mulai aja dulu apapun itu mulai aja dulu, kalian suka nyanyi mulai aja nyanyi sudah banyak aplikasi Karaoke sekarang, suka meneliti atau menganalisa, mulai aja dulu entah mulai dari kajian pustaka atau realita, suka nulis iya mulai aja dulu nulis. Mau acak-acakan, jelek udah mulai aja. Sambil jalan nanti disempurnain. Dari pada nunggu-nunggu kesempatan, dan menyalahkan nasib kan mending mulai aja. Di tahap ini kalian butuh keberanian dan kalian butuh konsisten sampai Allah bilang “ Dia Layak “  itu akan menjadi waktu milik kalian, Ingat ya enggak ada yang langsung jadi enggak ada yang instant semua butuh Proses Cuy. Ya kali semua langsung jadi, Nabi Muhammad saja perlu bertahun-tahun untuk jadi pemimpin itu juga ditambahi dicaci, di hina, di musuhi. Nah sini baru tulisan enggak ada yang baca aja  mutung, postingan karya photorapy enggak ada yang like mutung. Hahaha Jadi ?  siap tidaknya, besar tekatnya diuji di tahap setelah orang itu memulai.  Wkwkwkw

 3. Find Good Enviretment ( Support ), emang bener semangat terbesar harus datang dari dalam diri, namun ketika kalian bisa menemukan lingkungan yang mendukung kalian, lingkungan belajar yang cocok dan orang-orang yang mensupport, itu bisa menjadi point untuk menunjang hobi kearah yang lebih professional. Awalnya kalian pasti akan melihat sekeliling kalian dalam menemukan lingkungan tsb, namun di era digital tidak melulu harus nyata, dunia digital sudah menyiapkan itu semua,cari aja komunitas menulis, komunitas melukis, photograpy, peneliti dll di Google, Semua ada tinggal bagaimana sikap kita. Karena saya mengalami sendiri. Blogging di sekitar saya masih jarang hampir saya bingung harus belajar dimana ? akhirnya saya ambil kelas online belajar blog bersama The jannah Institute Jember. Jadi gunakan SmartPhone yang kita miliki untuk memulai kebaikan memulai interaksi kepada orang-orang yang memiliki hobi sama. insyaAllah itu membantu banget. Hehe mulai aja like dan comment dipostingan orang lain. Misal Wah kak suka sama cerita kaka, wuih cakep, mantul karya photonya. Photo makai camera apa?, wuih bagus photonya, wuih bagus make upnya dsb. Ini izzah banget si tapi wkwkwk tapi itu guna banget. Sekarang aja izzah jadi bisa edit photo-photo ala selebgram dong eaaa

 4. Sebentar ke-4 nyusul kapan-kapan lagi yah. Karena ini sudah 1000 kata. Sedih saya takut kalian bosan hehe

Untuk teman-teman ku yang izzah sayangi. Entah ingin jadi apa kalian, itu bukan menjadi urusan izzah, hanya saja saya ingin mengingatkan untuk menjalani hidup ini dengan rasa syukur, hiduplah dengan penuh rasa cinta, sehingga pekerjaan apapun yang kalian lakukan bisa kalian lakukan dengan rasa bahagia, terlebih itu adalah bidang yang kalian sukai hehe
.
Jadi ingat yah ingat untuk follow blog ini tombolnya ada di pojok kanan eaaaa, eh salah ingat apapun itu memerlukan waktu, memerlukan Proses, Tidak semua doa harus terkabul saat itu juga, karena Allah pasti ingin melihat Ikhtiar Hambanya. Hehe ngomong apa si aku wkwkw

Wassalamualaikum . . . 
Da da. . . 

See you soon
Keep in touch with me via
Instagram : @izzah_rondiyah

0 Comments