skill belajar hening untuk ketenangan jiwa catatan ibu rumah tangga

 

Skill belajar hening bagi ibu rumah tangga by izzah rondiyah

 

Hi moms bagaimana kabar kalian ? apakah kalian sehat ? apakah kalian sudah mulai merasa jenuh atau justru super excited untuk melakukan hal baru untuk diri kalian ? disini aku izzah yang minggu ini mencoba menyadari nafasku sendiri, menyadari kesadaran ku sendiri melalui belajar hening.

Saat ini berbagai metode untuk mencapai ketenangan jiwa mulai ramai diminati semua kalangan. Kesibukan dan suara ramai bagai badai yang ada didunia ini terkadang membuat kita tidak bisa menikmati kualitas hidup yang benar. Berlombaan yang secara tidak sadar ada dan sangat lekat disetiap lini kehiduan ini. seperti lomba-lomba siapa yang menikah duluan? Siapa yang punya anak duluan? Siapa yang sukses duluan dan sebagainya. Dunia sekarang sangat bising dan seperti pacuan kuda yang merebutkan gelar tercepat untuk mencapai garis finisnya.

Tak terkecuali aku, aku mulai terseret kedalam badai dunia ini, melihat banyaknya orang lain  bisa sukes dan hidup bahagia terkadang menciptakan rasa insecure dalam diri. Merasa telah gagal dan menjalani hidup dengan penyesalan. Dan semua perasaan buruk tu berimbas pada produktifitas diri yang menjadi tidak ingin melakukan apapun dan lebih dalam lagi merasakan bahwa hidup yang ku jalani mnejadi sangat gealp tanpa cahaya. Aku menjadi terjun semakin dalam dan gelap.

Sampai pada satu titik ku coba untuk hening sebuah metode yang berawal dari sebuah konten reel vedio oleh mas adjie seorang praktisi mindfulness living dinstagram. Heing akan membut kita menyadari akan nafas dan hidup kita. Menyadari hidup yang seutuhnya hidup yang benar hidup tanpa ada rasa kekhawatiran yang berlebihan begitu kurang lebihnya.

Sadari nafasmu sembari menutup mata, sdari setiap hembusan nafasya. Dalam beberapa menit sebuah perasaan takut akan hadir, ketakutan atau bahkan kenangan luka batin yang terdalam akan muncul, bagiku yang memutuskan menjadi ibu rumah tangga ketakutanku menjadi seorang yang gagal. Seseorang yang tertinggal karena menjalani hidup yang begini-begini saja, dicemooh dan diberikan stempel gagal oleh oang lain. semua perasaan buruk takut, sedih, marah kecewa berangsur-angsur datang silih berganti. Kadang dalam tahapan ini aku tidak menyadari air mata juga ikut menetes bebas, mencoba meneruskan heningku menyadari kembali nafas yang terhirup dan hembuskan. Mencoba menerima semua perasaan itu, lambat laun ketenangan akan hadir dan seolah sadar bahwa semua akan baik-baik saja. Karena kita sepenuhnya milik pencipta kita.

Ada banyak metode dalam mencari kedamaian dalam jiwa, jiwa yang damai akan lebih dinamis dalam menjalani hidup. Menerima semua hal dengan damai. Tidak ada kekhawatiran yang berlebihan. Dan tidak ada penyesalan yang ters membelenggu jiwa kita.

Bagimana cara mom mendamaikan diri kalian ? salah satu metode hening ini bisa momc coba untuk menumbuhkan kesadaran moms dan semoga bisa menjalani hidup dengan damai.


0 Comments