BUKU-BUKU TAHUN 2019


BUKU-BUKU TAHUN 2019

        Tahun 2019 akan usai tergantikan oleh tahun 2020. Hal yang biasanya dilakukan oleh kebanyakan orang adalah membuat resolusi tahunan, atau bisa disebut dengan rencana-rencana yang akan dilkukan ditahun 2020. Banyak hal yang bisa dilakukan apalagi yang berkaitan dengan hobi. Hobi menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah kegemaran, kesenangan istimewa pada waktu senggang. Jadi hobi merupakan kegiatan sampingan yang sangat kita sukai. Kali ini izzah akan bercerita salah satu hobi yang izzah tekuni sejak tahun 2018 adalah membaca. Kalau kamu? apa hobi yang kamu lakukan secara konsisten? ( masukan kolom koment yah ).





         Membaca merupakan sebuah aktifitas yang mengasyikan bagi mereka yang suka melakukannya. Bagaimana tidak? dengan membaca kita bisa menjelajahi luasnya cakrawala tanpa harus mengeluarkan materi. Serta lewat membaca kita juga tidak hanya mendapatkan informasi baru, akan tetapi lebih dari sekedar itu, membaca mampu membuat cara beripikir atau sudut pandang orang berubah. Sehingga banyak lho buku-buku dengan julukan buku yang jika kita baca mampu merubah hidup kita. Makanya membaca tidak akan membuat kita rugi justru sebaliknya. Berikut adalah buku-buku yang izzah baca di tahun 2019.



1. Sapiens dari Yuval Noah Hariri
Sapiens Riwayat singkat hidup Manusia. Buku ini bagi saya pribadi tidak begitu menarik ketika pertama kali melihatnya. Selain covernya yang hanya perwarna putih serta penulis yang bagi saya masih asing. Dia menjadi buku yang tidak bisa memikat ketika pertama kali melihatnya.  Namun semua berubah ketika saya membaca beberapa book reviewers salah satunya adalah kak @dipidiff_theblogger yang sudah membuat saya yakin untuk membaca buku sapiens dan Wow.
Buku ini sangat menarik Prof Yuval telah berhasil membawa saya masuk pada kehidupan masa lalu, sangat lalu tepatnya masa kehidupan awal umat manusia. Analisa beliau yang dituliskan dengan bahasa yang mudah untuk dipahami. Kehidupan umat manusia yang terasa nyata, sosial serta nilai-nilai yang mereka miliki. Jujur buku ini adalah buku terbaik yang saya baca ditahun 2019. Dan jika kamu belum membacanya saya rasa kalian tidak akan rugi memasukkan buku Sapiens sebagai salah satu buku yang harus kalian baca ditahun 2020.

2. Homo Deus dari Yuval Noah Hariri
Series kedua dari buku beliau sapiens adalah Homo Deus yaitu berisi tentang analisa beliu tentan masa depan manusia. Dan selalu setiap temanya membuat saya geleng kepala. Bagaimana analisa beliau berdasarkan fakta yang ada mencoba membaca kehidupan manusia dimasa depan. Itu terlalu terbuka, fantastis namun menakutkan. Tidak hanya kesan luar biasa namun pandangan beliau terhadap dunia masa depan juga sedikit membuat saya takut. Bagaimana itu bisa terjadi. Sebaiknya teman-teman juga membaca buku series kedua ini.
Membaca buku ini akan membuat kita berpikir, mempertanyakan tentang identitas, makna akan hidup yang layak untuk kita jalani.

3. 21 Lesson for the 21 Century
Buku ini bagi saya adalah penutup yang apik dari kegelisahan setelah membaca buku Homo Deus.  Buku ini berisi tetang nilai-nilai dalam 5 bagian.  Dimana setiap bagiaannya tidak akan berahir dengan sederhana. Kita akan diajak untuk merenungkan atau berpikir tentang bab yang dibahasanya. Pembahasan yang menitik pointkan pada apa-apa yang terjadi saat ini. jika dua buku sebelumnya merupakan bacaan masa lalu dan masa depan maka buku ini adalah buku saat ini yang menawarkan berbagai pertanyaan. Jika teman-teman tertarik untuk menggunakan alasis kritis maka buku ini sangat cocok untuk kalian baca.

4. Factfulness by Hans Roling
Factfulness adalah buku yang saya pilih setelah melihat bahwa buku ini adalah salah satu buku yang bill gates baca. Factfuness berisi tentang fakta-fakta disekitar kita. Yang faktanya tidak seburuk yang kita bayangkan. Buku ini juga didukung oleh data yang akurat. Buku ini akan membuat kita memiliki sudut pandang yang berbeda akan kenyataan-kenyataan hidup yang ada. Dalam buku ini juga telah dilengkapi dengan 4 barometer kehidupan manusia.

5.  When Breath becomes Air
Buku ini layaknya seperti Biografi seserang, seorang dokter bagaimana ia memulai, berjalan, naik lalu terjatuh dan berusaha memaknai hidup, hidup yang layak untuk dijalani. Buku akan memberikan kita pandangan kehidupanyag tidak hanya berisis satu scenario saja, karena kehidupan ini juga akan mengajarkan kita untuk memaknai setiap perjalanan serta perjuangan yang kita lakukan. Dimana makna-makna itu ditemukan dalam udara yang kita gunakan untuk bernafas.
Buku berdasarkan ingatan-ingatan nyata dr kalanithi. Situasi keadaan yang beliau hadapi. Buku ini layak untuk menjani buku bacaan yang manarik untuk menemani tahun 2020 teman-teman.

6. Reasons To Stay Alive dari Matt Haig
Buku terjemahan, non-fiksi, self-improvement. Buku yang menguak tentang depresi yang dialamidan bagaimana berdamai dengan diri sendiri. saya membaca buku ini, karena pada tahun 2019 saya mengalami bagaimana depresi dan perasaan ingin mati. saya mendapati bahwa buku ini cukup membantu saya sadar. Ini sangat layak untuk dibaca buku ini akan sedikit banyak membantu kita untuk menemukan alasan untuk bertahan hidup. Mencari alasan atau bahkan menciptakann alasan itu sendiri.

7. Heart Talk dari Cleo Wade
Buku yang ringan serta berisi tulisan serta yang tidak akan membuat pembacanya bosan, serta setiap halamannya menyediakan bagian kosong yang dapat kita isi. Berisikan puisi-puisi ringan untuk membuat kita terinspirasi. Cocok dibaca saat berada dalam kegalauan. Hehe

Nah 12 bulan dan hanya 7 buku yang dapat saya bagi dengan teman-teman semua. Tidak mengapa. Kita masih memiliki hari ini untuk terus menambah halaman buku untuk dibaca serta hari esok untuk memulai kembali. Teman-teman juga dapat memberikan saya rekomendasi buku bacaan yag layak untuk dibaca ditahun 2020 ya.


Tetap semangat dan berbahagialah . . .


Contact me
Instagram: @izzah_rondiyah

0 Comments